August 2019
M T W T F S S
« Jun    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kegiatan Koordinasi Terkait Rekrutmen Calon Tenaga Fungsional Pustakawan Di Lingkungan Direktoratm Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud

Pustakawan diartikan sebagai seseorang yang telah mengenyam pendidikan minimal D-2 Perpustakaan dan Dokumentasi, ataupun sarjana/diploma lain tetapi juga pernah mengikuti diklat /pelatihan kepustakawanan. Tetapi ada juga yang membatasi bahwa Pustakawan adalah orang yang telah mendapatkan SK sebagai ASN.

Profesi Pustakawan di Indonesia secara resmi diakui berdasarkan SK MENPAN No. 18/MENPAN/1988 dan diperbaharui dengan SK MENPAN No. 33/MENPAN/1990, yang kemudian diperkuat dengan keputusan-keputusan lain yang berkaitan dengan kewajiban dan hak sebagai profesi dan Fungsional pustakawan.

Pembinaan jabatan fungsional pustakawan di lingkungan instansi pemerintahan antara lain ditujukan untuk menjamin perkembangan profesionalisme yang berimplikasi pada peningkatan kegiatan yang berdayaguna, dan berhasil guna bagi masyarakat. Perolehan angka kredit merupakan indikator prestasi pejabat pustakawan yang berpedoman pada SK MENPAN No. 132 Tahun 2002. Angka kredit adalah angka diberikan berdasarkan penilaian yang telah dicapai oleh seorang pustakawan dalam mengerjakan butir-butir kegiatan yang digunakan sebagai salah satu syarat untuk pengangkatan dan kenaikan pangkat/jabatan.

Kegiatan Koordinasi terkait Rekrutmen Calon Tenaga Fungsional Pustakawan di lingkungan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan merupakan suatu upaya dalam mengkoordinasikan berbagai peraturan perundangan dalam kaitannya dengan bidang fungsional pustakawan

Maksud Kegiatan Koordinasi terkait Rekrutmen Calon Tenaga Fungsional Pustakawan di Lingkungan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan yang timbul mengenai jabatan Fungsional Pustakawan.

Kegiatan Ini dilaksanakan tanggal 25 s.d 27 Juni 2019 bertempat di Hotel Salak The Heritage, Bogor.

Peserta yang mengikuti Kegiatan tersebut berasal dari Satker/UPT dibawah Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, yang berjumlah 14 Satker/UPT, yaitu PPPPTK, LP2KS dan LP3TK KPTK. Penyelenggaraan kegiatan ini dari Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud.

Pejabat yang membuka Kegiatan ini Bapak Susilo Kepala Bagian Umum dan Kerja Sama Ditjen GTK.

Pembukaan Kegiatan Koordinasi terkait Rekrutmen Calon Tenaga Fungsionan Pustakawan Bersama Bapak Susilo, Kepala Bagian Umum dan Kerja Sama Ditjen GTK

Narasumber yang pertama berasal dari Perpustakaan Nasional yaitu ibu Kokom Supiyati Kepala Pusat Pustakawan Perpustakaan Nasional. Materi yang diberikan yaitu “Pengangkatan PNS Dalam Jabatan Fungsional Pustakawan melalui Inpassing”. Dalam materinya beliau menjelaskan mengenai batas waktu inpassing dan dasar hukum mengenai Inpassing.

Narasumber kedua Bapak Zaenal Abidin Kepala Bagian Mutasi Biro SDM Ditjen GTK. Beliau membawakan materi “Inpassing dan Jenjang Karir Pustakawan di Lingkungan Ditjen GTK Kemdikbud”.

Narasumber yang terakhir Bapak Amir Kasubbag Perpustakaan Kemdikbud Ditjen GTK. Beliau membawakan materi “Paradigma Pustakawan Abad 21”.

perpustakaan PPPPTK Penjas dan BK

SELAMAT DATANG DI PERPUSTAKAN P4TK PENJAS DAN BK

Perpustakaan PPPPTK Penjas dan Bk terletak di dalam satuan kerja atau upt PPPPTK Penjas dan BK jalan raya Bogor no.420, Lebak wangi, Pemagarsari, Parung – Bogor.

Visi dan Misi PPPPTK Penjas dan BK

Visi ” Terwujudnya guru dan tenaga kependidikan yang profesional, sejahtera dan bermantabat serta ekosistem yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong.”

Misi : a. Meningkatkan mutu pengelolaan dan informasi kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan jasmani dan bimbingan konseling. b. Meningkatkan mutu program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan jasmani dan bimbingan konseling. c. Meningkatkan mutu pendidikan , pembelajaran dan pelatihan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan jasmani dan bimbingan konseling. d. Meningkatkan mutu evaluasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan jasmani dan bimbingan konseling. e. Meningkatkan sistem tata kelola yang handal dalam menjamin terselenggaranya layanan prima pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan jasmani dan bimbingan konseling.

Perpustakaan penjas dan bk beranggotakan 125 anggota yang terdiri dari karyawan dan karyawati p4tk penjas dan bk serta karyawan PPNPN. Untuk petugas perpustakaan terdiri dari 5 orang petugas, yang masing-masing mempunya uraian tugas yang berbeda-beda.

Koleksi bahan pustaka yang berada di perpustakaan penjas dan bk berjumlah 5840 judul dan 12257 eksemplar. Terdiri dari Text, Art Original, Filmstrip, Chart, dan Equipment.

Pada tahun 2018 perpustakaan penjas dan bk sudah bisa online secara nasional dengan menggunakan domain Kemdikbud. Aplikasi yang digunakan menggunakan Aplikasi SLIMS versi 8.